Atlet SEA Games 2023 bakal dapat bonus, medali emas lebihi target Presiden

News, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pemerintah akan memberikan bonus kepada para atlet SEA Games 2023, yang telah membawa Indonesia meraih medali melebihi target.


Presiden Jokowi mengungkapkan, bahwa saat ini bonus atlet masih dihitung pemerintah.

"Ya nanti diberi bonus (untuk para atlet). Ya nanti," ujar Jokowi saat memberikan keterangan pers di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Jumat (19 Mei2023).

"Ini (saya) ke Jepang dulu. Baru nanti. Bonusnya baru dihitung," lanjut dia.

Presiden pun memberikan ucapan selamat kepada kontingen SEA Games 2023 Indonesia yang berhasil meraih peringkat ketiga dalam kompetisi olahraga se-Asia Tenggara tersebut.

Sebagaimana diketahui, kontingen Indonesia dalam ajang SEA Games 2023 di Kamboja mengakhiri perjuangan dengan finis di peringkat ketiga klasemen. Indonesia meraih 87 medali emas, 80 perak, dan 109 perunggu.

Kontingen Indonesia berhasil melampaui target emas yang sejak awal ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo.



Sebelumnya, Presiden menargetkan agar kontingen Tanah Air bisa memeroleh medali emas lebih banyak daripada SEA Games 2021 Vietnam.

Saat tampil pada gelaran SEA Games 2021 Vietnam, Indonesia tercatat mengantongi 69 medali emas. Dan kini di Kamboja, Indonesia berhasil mengumpulkan 18 keping lebih banyak, yakni 87 medali emas.

Sementara itu, kontingen Vietnam berhasil menjadi juara umum setelah menegaskan posisi di puncak klasemen SEA Games 2023.

Vietnam menduduki puncak klasemen medali SEA Games 2023 dengan perolehan 136 emas, 105 perak, dan 114 perunggu.

Mereka unggul di atas Thailand yang menempati peringkat kedua, Thailand meraih 312 medali, terdiri 108 emas, 96 perak, dan 108 perunggu.

Posting Komentar